Selasa, 24 Juni 2014

CARA MENGATUR TATA LETAK PADA HALAMAN

CARA MENGATUR TATA LETAK PADA HALAMAN | Ketika rekan bekerja menggunakan microsoft office word maupun ms excel dalam mengerjakan tugas, kadangkala di perlukan perngaturan khusus mulai dari halaman yang digunakan, jarak kanan-kiri-atas-bawah halaman, ukuran kertas, model halaman, dan hal lain yang berkaitan dengan pengaturan halaman. Maka dari itu pengaturan halaman sebelum mencetak lembar kerja penting di lakukan, terlebih dokument yang akan rekan cetak mempunyai ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari ukuran standart yang biasa ada (A4).

Mengatur Model Orientasi Halaman
Disini rekan bisa mengatur model orientasi halaman apakah ingin model vertikal "berdiri" atau model horizontal "rebahan/lonjong kesamping".
Untuk memulainya pilih tab menu Page Layout >> Orientation dan click Potrait, jika ingin membuat halaman yang standart vertikal keatas "model berdiri".

Page Layout >> Orientation dan click Landscape, jika ingin membuat halaman yang horizontal "model menyamping".

Mengatur Margin Halaman
Rekan bisa mengatur margin /batas atas-bawah-kiri-kanan halaman dengan memilih menu Page Layout >> Margins, dan pilih salah satu batas margin yang rekan ingin digunakan. atau jika tidak ada yang cocok rekan bisa memilih Custom Margins, selanjutnya rekan tentukan sendiri dimana mempunyai beberapa fungsi seperti
Top, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian atas
Bottom, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian bawah
Left, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian samping kiri
Right, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian samping kanan
Header, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian judul kepala "header/atas"
Footer, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian judul kaki "bawah"


 


Menentukan ukuran kertas
Untuk ukuran kertas yang ingin rekan gunakan dalam mencetak /print rekan bisa menentukannya dari menu Page Layout >> Size, naah disini rekan bisa memilih ukuran kertas sesuai dengan yang diinginkan.


Semoga Pengetahuan ini Bermanfaat bagi penulis dan pembaca...amin..

CARA SIMPLE DAN SEDRHANA MEMPERBESAR ATAU MEMPERKECIL HURUF/KALIMAT DI MICROSOFT WORD

CARA SIMPLE DAN SEDRHANA MEMPERBESAR ATAU MEMPERKECIL HURUF/KALIMAT DI MICROSOFT WORD | Untuk artikel kali ini saya akan coba share cara simple dan sederhana untuk memperbesar maupun memperkecil huruf /kalimat dengan menggunakan shurtcut di microsoft word, tujuan utamanya adalah agar mempercepat dalam pengerjaannya. sebenarnya rekan juga bisa melakukannya melalui standart menu bar dari font size yang ada, namun disini saya tidak membahasnya "karena saya yakin sudah banyak yang tahu".

Perintah shortcut untuk memperbesar atau memperkecil huruf "font" dalam microsoft office word adalah kombinasi antara tombol CTRL dengan [ dan ] yang di tekan secara bersamaan.

Untuk detail fungsi dari shurtcutnya, rekan bisa menyimak penjelasan berikut ini :

Tips tambahan jika rekan ingin mengubah huruf kapital "huruf besar" menjadi huruf kecil, mapun sebaliknya dari huruf kecil menjadi huruf besar tanpa harus menhapus atau mengetikkan dari awal, maka rekan bisa memanfaatkan dari menu Change Case, untuk detail caranya rekan bisa menyeleksi kalimat yang ingin di rubah, kemudian pilih menu change case seperti contoh gambar berikut ini

Fungsi masing-masing perintah :
Sentence case : mengubah menjadi huruf besar hanya di awal kalimat yang dipilih, misal : Integrasi top-down
lower case : mengubah menjadi semua huruf kecil, misal : integrasi top-down
UPPERCASE : mengubah menjadi semua huruf besar "capital", misal : INTEGRASI TOP-DOWN
Capitalize Each Word : di setiap awal suku kalimat akan menjadi huruf besar "capital" misal : Integrasi Top-Down
tOGGLE cASE : kebalikan dari Capitalize Each Word yakni di tiap awal suku kata akan menjadi huruf kecil. misal : iNTEGRASI tOP-dOWN
Semoga Pengetahuan ini Bermanfaat bagi pembaca...amin..

MENGATUR JARAK BARIS / SPASI BARIS DALAM MICROSOFT WORD

MENGATUR JARAK BARIS / SPASI BARIS DALAM MICROSOFT WORD | Dalam microsoft word kita bisa mengatur jarak baris atau spasi baris di setiap paragrafnya, biasanya cara ini di perlukan untuk dalam pembuatan dokumen-dokumen resmi semisal tugas makalah, tugas akhir, penyusunan anggaran, dan berbabagai keperluan lainnya yang masih ada kaitannya dengan teks dokument.

Untuk mengatur jarak baris / spasi baris dalam microsoft word, bisa di lakukan dengan beberapa cara yang akan di jelaskan pada penjelasan berikut ini
A. Silahkan buka lembar kerja microsoft word dan ketikkan beberapa teks kalimat yang di inginkan dan jika sudah, selajutnya block beberapa paragraf teks yang akan di atur spasi barisnya atau bisa juga menyeksi semua teksnya secara langsung dengan menclick CTRL+A secara bersamaan. pada tab Home pilih Paragraph dialog blog pada ribbon.

B. Pada kotak dialog yang muncul, Klik tab  indents and spacing , kemudian tentukan lebar spasi yang di inginkan untuk ukuran standart bisanya 1,5 lines pada line spacing. selain itu temen-temen juga bisa mengatur before dan afternya yang merupakan jarak antar paragraf, tapi jika ingin normal maka cukup kosongkan atau 0 pada before dan afternya. Kemudian klik tombol OK dan silahkan perhatikan hasilnya.

Cara Kedua
 A. Block semua teks yang ingin di atur jarak barisnya dengan mengklick tombol (CTRL+A) secara bersamaan, selanjutnya klik kanan pada mouse dan pilih paragraf. maka akan muncul paragraf option seperti cara pertama.
 B. Untuk pengaturan nya sama dengan cara pertama, jadi saya tidak perlu menulis ulang lagi.
Semoga Pengetahuan ini Bermanfaat bagi pembaca...amin..