Selasa, 24 Juni 2014

CARA SIMPLE DAN SEDRHANA MEMPERBESAR ATAU MEMPERKECIL HURUF/KALIMAT DI MICROSOFT WORD

CARA SIMPLE DAN SEDRHANA MEMPERBESAR ATAU MEMPERKECIL HURUF/KALIMAT DI MICROSOFT WORD | Untuk artikel kali ini saya akan coba share cara simple dan sederhana untuk memperbesar maupun memperkecil huruf /kalimat dengan menggunakan shurtcut di microsoft word, tujuan utamanya adalah agar mempercepat dalam pengerjaannya. sebenarnya rekan juga bisa melakukannya melalui standart menu bar dari font size yang ada, namun disini saya tidak membahasnya "karena saya yakin sudah banyak yang tahu".

Perintah shortcut untuk memperbesar atau memperkecil huruf "font" dalam microsoft office word adalah kombinasi antara tombol CTRL dengan [ dan ] yang di tekan secara bersamaan.

Untuk detail fungsi dari shurtcutnya, rekan bisa menyimak penjelasan berikut ini :

Tips tambahan jika rekan ingin mengubah huruf kapital "huruf besar" menjadi huruf kecil, mapun sebaliknya dari huruf kecil menjadi huruf besar tanpa harus menhapus atau mengetikkan dari awal, maka rekan bisa memanfaatkan dari menu Change Case, untuk detail caranya rekan bisa menyeleksi kalimat yang ingin di rubah, kemudian pilih menu change case seperti contoh gambar berikut ini

Fungsi masing-masing perintah :
Sentence case : mengubah menjadi huruf besar hanya di awal kalimat yang dipilih, misal : Integrasi top-down
lower case : mengubah menjadi semua huruf kecil, misal : integrasi top-down
UPPERCASE : mengubah menjadi semua huruf besar "capital", misal : INTEGRASI TOP-DOWN
Capitalize Each Word : di setiap awal suku kalimat akan menjadi huruf besar "capital" misal : Integrasi Top-Down
tOGGLE cASE : kebalikan dari Capitalize Each Word yakni di tiap awal suku kata akan menjadi huruf kecil. misal : iNTEGRASI tOP-dOWN
Semoga Pengetahuan ini Bermanfaat bagi pembaca...amin..

MENGATUR JARAK BARIS / SPASI BARIS DALAM MICROSOFT WORD

MENGATUR JARAK BARIS / SPASI BARIS DALAM MICROSOFT WORD | Dalam microsoft word kita bisa mengatur jarak baris atau spasi baris di setiap paragrafnya, biasanya cara ini di perlukan untuk dalam pembuatan dokumen-dokumen resmi semisal tugas makalah, tugas akhir, penyusunan anggaran, dan berbabagai keperluan lainnya yang masih ada kaitannya dengan teks dokument.

Untuk mengatur jarak baris / spasi baris dalam microsoft word, bisa di lakukan dengan beberapa cara yang akan di jelaskan pada penjelasan berikut ini
A. Silahkan buka lembar kerja microsoft word dan ketikkan beberapa teks kalimat yang di inginkan dan jika sudah, selajutnya block beberapa paragraf teks yang akan di atur spasi barisnya atau bisa juga menyeksi semua teksnya secara langsung dengan menclick CTRL+A secara bersamaan. pada tab Home pilih Paragraph dialog blog pada ribbon.

B. Pada kotak dialog yang muncul, Klik tab  indents and spacing , kemudian tentukan lebar spasi yang di inginkan untuk ukuran standart bisanya 1,5 lines pada line spacing. selain itu temen-temen juga bisa mengatur before dan afternya yang merupakan jarak antar paragraf, tapi jika ingin normal maka cukup kosongkan atau 0 pada before dan afternya. Kemudian klik tombol OK dan silahkan perhatikan hasilnya.

Cara Kedua
 A. Block semua teks yang ingin di atur jarak barisnya dengan mengklick tombol (CTRL+A) secara bersamaan, selanjutnya klik kanan pada mouse dan pilih paragraf. maka akan muncul paragraf option seperti cara pertama.
 B. Untuk pengaturan nya sama dengan cara pertama, jadi saya tidak perlu menulis ulang lagi.
Semoga Pengetahuan ini Bermanfaat bagi pembaca...amin..

MENGETAHUI MENU YANG ADA DI MICROSOFT WORD




MENGETAHUI MENU YANG ADA DI MICROSOFT WORD | Sama seperti program lainnya, menu microsoft word juga mempunyai banyak pilihan menu di dalamnya. maka dari itu jika rekan baru belajar microsoft word tidak ada salahnya "di sarankan" untuk mengenal menu utama microsoft word. hal ini mungkin terkesan sangat sederhana tapi rekan harus tau sebelum belajar ms word lainnya.

Berikut detail menu microsoft word :


Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.

New, untuk membuat file dokumen kosong baru
Open, untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save, untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As, untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
Print, untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Publish, untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close, untuk menutup file dokumen yang sedang dibuka


Tab Menu & Ribbon
Berisikan icon-con perintah yang digunakan dalam microsoft word, sebagian besar rekan nanti menggunakan tab menu untuk pengolahan teks di word.

Quick Access
Berisi shorcut untuk mempercepat proses penyimpanan (save), undo (membatalkan perintah) ataupun redo

Title
Memperlihatkan judul dari halaman word yang sedang aktif digunakan

Document Area
area/halaman untuk menulis teks atapun mengedit teks.

Horizontal dan Vertikal Srollbar
di gunakan untuk menggeser halaman document area.

Status Bar
Sesuai dengan namanya, untuk mengetahui status yang sedang aktif misal status halaman, jumlah kata, ejaan, dll.


Semoga Anda dapat langsung mengetahui dari pa telah saya berikan ini. dan semoga bermanfaat bagi pembaca...